Minggu, 08 Januari 2017

Cara Membuat Simulasi Jaringan Dengan Cisco Packet Tracer Student



    Salam Semua... Kali Ini Saya Akan Menunjukan Cara Bagaimana Membuat Simulasi Jaringan Dengan Menggunakan Cisco Packet Tracer.
Mungkin Anak TKJ Sudah Mengetahui Software ini. Software Ini Digunakan Untuk Membuat Simulasi Jaringan Sebelum Menerapkanya. Mungkin Beberapa Orang Belum Tahu Bagaiamana Menggunakanya, Memang Agak Sulit Jika Belum Tahu Dasarnya Apalagi Mensetting IP Nya.Nah Saya Akan Memberikan Tutorialnya.


Langsung aja Check in dot.........

      Download Aplikasi Cisco Packet Tracer Di Web Resminya Atau Bisa Download Disini  Dan   Install Aplikasi tersebut.


   Setelah Terinstall Dengan Sempurna, Double Click Di Iconnya, Atau klik Kanan Run as Administrator. Maka Tampilanya Akan Menjadi Seperti Dibawah Ini


 Nah, Sampai Disini Kita Sudah Bisa Memulai Membuat Simulasi Jaringan

Nah Dipercobaan Kali Ini, Saya Akan Mencontohkan Membuat Simulasi Jaringan Sederhana yaitu Dengan Menggunakan 1 Komputer Server, 4 Komputer Client, Dan 1 Buah Swich. Kita Akan Menghubungkan Lengkap Dengan Setting Ip Address.

      Pertama-Tama Kita Akan Memilih Komputer Server. Caranya Arahkan Kursor Ke Menu Pojok Kiri Bawah. Pilih End Device Maka Akan Muncul Pilihan Disamping Kanannya Pilih Generic(Server-PT) Arahkan Ketempat Yg Diinginkan.
Lihat Gambar Dibawah

    Langkah Selanjutnya  Hampir Sama Dengan Diatas.Perhatikan!
Kom.Client     :End Device Generic(PC-PT)
SWICH :Swiches Pilih Swichnya Saya Menggunakan 2950-24

      Untuk Menghubungkan nya, Pilih ConnectionsAda Banyak Pilihan Tapi Saya Disini Menggunakan Kable Stright.


      Atur Posisi Sesuai Selera Anda. Misal... 



  





        Nah..Setelah Itu Kita Setting IP nya

      Perhatikan Baik Baik, Saya Akan memulai Dengan Setting IP Server.
Click Gambar ServerDekstopIp Configurations.
Isi IP Address, Di Sini Saya Isi IP Kelas C Misal 192.168.1.20(Bisa Di Isi Sesuai Selera Tapi Harus Memenuhi Syarat).Lihat Gambar DiBawah......



        Lalu..Kita Isi IP Adress 4 Komputer Client Tersebut.Caranya Sama,Click Kom.CientDekstopIP Configurations>Isi IP Adress Sesuai Selera Misal 192.168.1.1Subnet Mask Akan Otomatis Terisi Dengan Menekan EnterDefault Gateway Isi Dengan Ip Server. Lihat Gambar....


       Nah..Setelah Itu Kita Setting  Kom.Client Lainya Sesuai Contoh Diatas. Misal...
Ø PC-PT(PC0):192.168.1.2
Ø PC-PT(PC1):192.168.1.1
Ø PC-PT(PC2):192.168.1.4
Ø PC-PT(PC3):192.168.1.3
Setting Sesuai Selera........

              Nah....Setting IP sudah Selesai, Kita Akan Mencoba Menghubungkan Komputer PC-PT(PC1)Ke Komputer Server. Caranya Perhatikan Baik baik, Pilih PC1 Dekstop Command Prompt(CMD).Ketik “PING 192.168.1.20”Tanpa Tanda Kutip Enter. Jika Muncul Tulisan Reply From Berarti Berhasil.
Lihat Gambar.....
  
10. Jika Ingin Memastikanya Lagi, Maka Saya Akan Memberikan Caranya, Yaitu Dengan Mencoba Mengirim Pesan Dari PC1 Ke Server. Caranya Click Logo Pesan Di Kanan Tengah Lalu Arahkan Ke PC1(Sebagai Pengirim) Lalu Arahkan Ke Server (Sebagai Penerima). Lihat Kotak Dialog Di Bagian Kanan Pojok Bawah Jika Ada Pesan Succesfull Berarti Berhasil.


  Yippy....Simulasi Jaringan Sudah Selesai.Mudah Bukan????,Anda Dapat Mengembangkan Dan Mengkreasikan Sendiri.

Selamat BerEksperimen......

    Contoh Eksperimen Saya:

Nah... Itulah Cara Membuat Simulasi Jaringan Dengan Menggunakan Cisco Packet Tracer.Semoga Postingan Kali Ini Bermanfaat Buat Kalian Semua.Sekian Dari Saya Wassalam.....

Nih.. Vidio Tutorialnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar