Kamis, 19 Januari 2017

Pengertia,Fungsi,Dan Jenis-Jenis VGA



PENGERTIAN VGA CARD (KARTU GRAFIS)

VGA kepanjangan dari Video Graphics Acceleratoryang berfungsi mengolah data graphis untuk ditampilkan pada layar monitor, VGA juga memiliki prossesor yang di sebut GPU (Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory.



VGA adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.

Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apa pun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia.

Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi nyatanya VGA justru digantikan oleh Super VGA.


FUNGSI VGA CARD
Fungsi VGA Card atau Graphic Card (kartu grafis) ataupun Video Card adalah berfungsi untuk menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Untuk menggambar atau design graphic ataupun untuk bermain game.



JENIS-JENS VGA

1. VGA On-Board


Sesuai dengan namanya, VGA Onboard merupakan jenis VGA yang banyak digunakan pada komputer atau laptop standar. VGA Onboard berarti chip VGA yang digunakan menjadi satu dengan motherboard. VGA on board bekerja dengan memanfaatkan memory komputer anda, alias RAM.

Penggunaan VGA On-Board

VGA Onboard umum digunaan pada komputer dengan spesifikasi rendah, dimana kebutuhan akan graphic dan juga 3D bukan merupakan kebutuhan utama. Biasanya komputer dengan VGA on-board banyak ditemui pada:

Komputer office.
Komputer server kecil.
Laptop atau netbook dengan layar kecil (10”).
Laptop dengan harga kisaran 2 hingga 3 jutaan (low end).
Keunggulan VGA On-Board

Perawatan mudah.
Harga jauh lebih murah.
Sudah cukup mumpuni untuk kebutuhan komputer standar sehari-hari.
Kelemahan dari VGA On-Board

Lemah dalam menangani graphic berkualitas tinggi.
Tidak support dengan game beresolusi tinggi dan modern.
Terkadang sering mengalami gejala lag atau lemot ketika memutar video beresolusi tinggi.

2. VGA Add-On / VGA Card


Jenis VGA yang kedua adalah VGA Add-On, atau yang sering dikenal juga dengan istilah VGA Card. Berbeda dengan VGA on-board, VGA Add-On ini letaknya terpisah dari motherboard, sehingga membutuhkan socket tertentu untuk menginstallnya.

Kinerja yang dilakukan oleh VGA Add-On dapat bekerja sendiri tanpa harus mengandalkan kemampuan dari RAM komputer lagi, hal ini dikarenakan memory (RAM) dengan VGA Add-On terpisah. Sehingga pada saat dijalankan VGA Add-on tidak perlu bergantung pada RAM lagi karena telah memiliki memorynya sendiri.

Jika pada suatu komputer terdapat VGA Add-On ini dengan menggunakan spesifikasi komputer yang cukup baik bahkan lebih tinggi, VGA Add-On ini akan bekerja lebih maksimal dan lebih powerfull.

VGA Add-On ini biasa banyak ditemui pada:

Komputer atau laptop mid hingga high end.
Komputer gaming dan design.
Keunggulan dari VGA Add-On / VGA Card

Memiliki sistem pendingin terpisah, sehingga lebih tahan lama.
Mampu meng-handle graphic 3D, serta gaming yang berat.
Bisa diupgrade dengan menggantinya saja.
Sanggup digunakan untuk memutar film dengan kualitas resolusi tinggi.
Tampilan display menjadi lebih tajam.
sponsored links


Kelemahan VGA add-On

Harga yang relative mahal.
Tidak semua komputer support penggantian VGA Card.
Pilih VGA yang Mana?

Apabila anda ingin membeli sebuah komputer ataupun ingin merakit komputer anda sendiri, maka anda tidak perlu bingung untuk memilih tipe atau jenis VGA yang akan anda gunakan. Berikut ini adalah beberapa tips memilih VGA untuk komputer anda :

Sesuaikan socket VGA dengan slot pada motherboard anda.
Perhatikan tujuan dari komputer anda, apabila ditujukan untuk gaming dan keperluan 3D maka pilihlah VGA Add-On, tetapi apabila hanya dibutuhkan untuk kepeluan office harian saja, maka bisa menggunakan VGA On-Board.
Semakin tinggi kualitas VGA, maka akan semakin memakan daya listrik. Karena itu sesuaikan juga kebutuhan VGA anda dengan daya listrik di dalam rumah atau kantor anda.
Carilah VGA Card dengan kecepatan core memory yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar